header-int

Mengenal Lebih Dekat Imron Fauzi, Doktor Muda Alumnus Prodi PAI

Sabtu, 28 Nov 2020, 12:33:57 WIB - 101 View
Share
Mengenal Lebih Dekat Imron Fauzi, Doktor Muda Alumnus Prodi PAI

Mengenal Lebih Dekat Imron Fauzi, Doktor Muda Alumnus Prodi PAI

Menjadi dosen bergelar doktor di usia yang masih 33 tahun merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Namun, siapa sangka pencapaian pria kelahiran Mlokorejo, Puger, Jember ini tak lepas dari peran orang tuanya, H. Abd. Halim dan Hj.Siti Mutmainnah yang dengan sabar mendidiknya. Banyak orang tidak tahu mengenai lika-liku perjalanan hidup sosok dosen muda di IAIN Jember ini. Imron Fauzi remaja bukanlah sosok yang patuh dan nurut. Bisa dikatakan bahwa ia dahulunya adalah anak yang bandel. Bahkan, pria kelahiran 22 Mei 1987 ini di usianya yang ke-12 sempat diubah menjadi Ahmad Fauzi. Nama inilah yang lebih dikenal di kampung halamannya sampai sekarang.

Pengubahan nama Imron Fauzi menjadi Ahmad Fauzi bukan tanpa alasan. Atas masukan dari tokoh agama di kampungnya, dengan mengubah nama menjadi Ahmad Fauzi diharapkan tabiatnya menjadi lebih baik. Harapan itu pun ternyata membuahkan hasil. Tentunya, hasil itu juga karena didikan penuh kasih sayang orang tuanya dan didikan di pesantren. Imron Fauzi mulai berubah ketika memasuki kelas XII aliyah. Alhasil, ia menjadi murid berprestasi khususnya dalam bidang akuntansi. Ia merasa berbakat dalam bidang ekonomi. Di sini lah cita-citanya mulai ia tambatkan. Ia ingin serius memperdalam ilmu akuntansi di jenjang perguruan tinggi.                               

Namun, impian dari santri K. H. Ubaidillah pengasuh Ponpes Al-Hikmah Jombang ini ternyata menemui kendala. Bagaimana tidak? Ia harus melepas jurusan dan kampus yang ia cita-citakan setelah ia berhasil masuk ke sana. Sebagai seorang alumnus MAN III Jember yang berprestasi di bidang akuntansi, ia sempat diterima di UNEJ di Fakultas Ekonomi melalui jalur tanpa tes atau PMDK. Di jalur ini, ia diterima karena nilai yang bagus ditambah dengan sertifikat kejuaraan perlombaan di bidang akuntansi. Namun, ternyata orang tua memintanya pindah ke STAIN Jember yang saat ini menjadi IAIN Jember.

Kebaktiannya menuntunnya untuk mengikuti perintah orang tuanya tersebut. Akhirnya, Di kampus ini ia mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam dan hebatnya ia merupakan lulusan tercepat di prodi PAI. Gelar S-1 nya didapat pada tahun 2009. Lantas, ia melanjutkan pendidikannya di program magister dan mendapat gelar Magister Pendidikan Islam di kampus yang sama di tahun 2011.

Saat dikonfirmasi bagaimana ia menjalani masa kuliahnya, ia bercerita kalau ia tipe orang yang ingin menjadi yang terbaik.

 

Setiap tugas kuliah saya selalu ingin menjadi yang pertama, tepatnya selalu ingin menjadi kelompok 1, karena kebiasaan saya yang tidak suka menunda tugas yang dapat saya kerjakan sekarang ya langsung saya kerjakan.

Membaca buku menjadi hobi saya saat kuliah, karena menurut saya, kita dapat menjelajahi dunia melalui membaca. Selain itu, saya juga terbiasa menyiapkan bahan pertanyaan sebelum kuliah. Dan mendiskusikan hasil materi kuliah bersama teman-teman di kos.

 

Imron Fauzi juga membagikan tipsnya agar lancar dalam urusan akademik. Tips ini ia lakukan hingga ia meraih gelar doktor bidang management pendidikan pada tahun 2020 di IAIN Jember. Tips itu adalah (1) masuk kuliah terus; (2) takdim dan menghormati dosen; (3) aktif saat diskusi, berusaha menjawab atau bertanya; (4) kerjakan semua tugas tepat waktu; (5) kerjakan dengan jujur semua ujian, baik UTS dan UAS.

Karier sebagai pendidik dimulai Imron Fauzi pada tahun 2005 sebagai guru di MI Miftahul Huda Mlokorejo kecamatan Puger hingga 2012. Pada tahun 2009 sebagai guru di SMK Ulul Albab Mlokorejo kecamatan Puger. Pada tahun 2009 pula diangkat sebagai guru di SD Plus Al-Qodiri 1 Jember. Pada tahun 2011 diangkat sebagai Dosen di Universitas Islam Jember, IKIP PGRI Jember, Universitas Terbuka Jember, dan tahun 2014 diangkat sebagai Dosen Tetap PNS di IAIN Jember pada Mata Kuliah Etika Profesi Keguruan.

Menurutnya menjadi dosen Tetap PNS di IAIN Jember merupakan sebuah anugrah dari Allah atas doa kerja keras serta perjuangan yang telah  dilakukannya, proses tes CPNS sekitar 8 kali gagal, mulai melamar sebagai Satpol PP, petugas TU, guru SD, guru SMP, guru SMA. Dari kegagalan itu akhirnya ia menyadari ternyata bukan tidak dikabulkannya doa, tetapi dipilihkan yang terbaik.

Saat ini banyak karya buku yang telah diterbitkan, antara lain: Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah Saw (2012), The Power Of Story (100 Kisah-kisah Inspiratif) (2012), Kurikulum dan Bahan Ajar PAUD (2013), Pendidikan Kewarganegaraan (2014), Etika Profesi Keguruan (2018), dan Konvergensi Kurikulum dan Pembelajaran di Madrasah Berbasis Pesantren (2020). Selain itu, juga rutin menulis di beberapa artikel dan jurnal ilmiah, diantaranya: Implementasi Manajemen Personalia di MTs Al-Qodiri 1 Jember (2015); Pesantren Muadalah sebagai Standarisasi Kualitas Mutu Santri (2016); Analisis Sistem Sertifikasi Guru dalam Problematika Kekinian (2016); Kepemimpinan Spiritual dalam Pengembangan Kompetensi Guru (2017); Dinamika Kekerasan antara Guru dan Siswa (Studi Fenomenologi tentang Resistensi antara Perlindungan Guru dan Perlindungan Anak) (2017); Spiritualisasi dalam Mengatasi Problematika Guru di Pesantren Al-Qodiri 1 Jember dan Pesantren Baitul Arqom Balung Jember (2018), dan Problematika Kebijakan Mutasi dan Linierisasi di Kabupaten Jember (2018); Dialektika Elite Pesantren dalam Pengembangan Kurikulum Lokal Madrasah di Pesantren Nurul Islam 1 dan Al-Qodiri 1 Jember (2019); dan The Unique Characteristic of Teacher Development in Mu’adalah Pesantren of East Java (2019). Detailnya dapat dilihat di: http://bit.ly/Karya_Imron. (Shidiq)

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube