header-int

Lakukan Gema PAI Secara Online : HMPS PAI Asah Bakat Dan Minat Mahasiswa

Kamis, 12 Nov 2020, 21:10:30 WIB - 51 View
Share
Lakukan Gema PAI Secara Online :  HMPS PAI Asah Bakat Dan Minat Mahasiswa

Gema PAI atau Gebyar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) periode 2019/2020. Acara ini berlangsung secara online selama10 hari, dengan rangkaian acara opening pada tangga l November 2020 dan Closing pada tanggal 10 November 2020.

Menurut Muhammad Irwan (Ketua HMPS PAI) mengatakan : kegiatan Gema merupakan program jangka panjang dari bidang keilmuan dan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM). Namun, karena keadaan dan kondisi pandemi covid 19 saat ini, maka bidang PSDM dan keilmuan sepakat berkolaborasi dalam sebuah acara yang bernama Gema.

Namun, walau situasi pandemi, semangat mahasiswa yang ikut Gema PAI tidak surut dan mati, indikasi itu bisa dilihat dari antusiasme peserta mulai dari angkatan 2018, angkatan 2019 hingga angkatan 2020 ikut berpartisipasi. Hal ini, juga disampaikan oleh Rozim ketua panitia Gema PAI : "Yang kami harapkan kondisi saat ini cepat pulih, karena semangat dari para peserta Gema PAI 2020 luar biasa, meskipun di tengah pandemi, mereka tetap semangat. Apalagi kondisi pulih, pasti semangatnya lebih dari saat ini”.

Karena kondisi masih pandemi, untuk menjaga protokol kesehatan maka kegiatan Gema PAI tahun ini dilaksanakan melalui online. Ada beberapa lomba yang dilombakan untuk meningkatkan bakat dan minat mahasiswa, diantaranya: lomba kaligrafi berbentuk video berdurasi maksimal lima menit, lomba membuat video profil PAI di instagram berdurasi maksimal lima menit, lomba Vlog dengan tema "Aku dan Pandemi" durasi 1 menit, lomba membuat aplikasi media pembelajaran, dan lomba essay dengan beberapa tema "Masa Depan Pendidikan Indonesia di Era Pandemi Covid 19", "Inovasi Pendidikan di Era New Normal" dan "Peran Mahasiswa dalam Merawat Harmonisasi nilai Keislaman dan Kebangsaan".

Dalam closing dan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba, Rozim (ketua panitia) mengucapkan selamat dan sukses bagi para pemenang di lomba Gema PAI 2020 dan bagi yang belum mendapatkan kejuaraan di tahun ini janganlah bersedih, jangan mudah patah semangat, dan harus selalu percaya diri, bahwa kegagalan hari ini adalah kesuksesan yang tertunda, kalau kita optimis pasti akan bisa.

Menyikapi terlaksananya Gema PAI ditengah pandemi, Drs. H.D. Fajar Ahwa, M.Pd.I (Ketua Prodi PAI) sangat mengapresiasi semangat mahasiswa yang telah berpartisipasi aktif sehingga acara tersebut berjalan lancar dan sukses, dan Beliau juga berharap semoga pandemi ini segara berakhir sehingga pelaksanaan gema PAI ditahun yang akan datang lebih semarak dan lebih kompetitif. (Hatta)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube