header-int

Ber-IPK 3,98, Rifka Herliani, Mahasiswi Prodi PAI Menjadi Wisudawan Terbaik IAIN Jember

Kamis, 03 Des 2020, 17:19:31 WIB - 717 View
Share
Ber-IPK 3,98, Rifka Herliani, Mahasiswi Prodi PAI Menjadi Wisudawan Terbaik IAIN Jember

Ber-IPK 3,98, Rifka Herliani, Mahasiswi Prodi PAI Menjadi Wisudawan Terbaik IAIN Jember

Ber-IPK nyaris sempurna dan lulus empat tahun bukan hal mudah untuk mencapainya. Namun demikian, Rifka Herliani, berhasil meraih itu dan membuktikan bahwa ia mampu. Hebatnya, alumnus SMK N II Lumajang ini mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya yang sebagian besar berlatar belakang pesantren dan madrasah aliyah. Saat dikonfirmasi bagaimana tipsnya, ia bercerita bahwa ia memaksa diri untuk gemar membaca agar menjadi kebiasaan. Itu dilakukannya karena ia sadar harus menutupi kekuranganya.

“Saya paksa untuk selalu membaca meski hanya lima lembar, itu agar menjadi kebiasaan. Lebih-lebih saya ikut IMC yang mengharuskan saya selalu membaca. Saya sama Pak Nur Solikin selalu diajarkan untuk gemar membaca dan menulis,”ungkapnya.

Selain gemar membaca, mahasiswi buah hati pasangan Heri Hariono dan Lilik Handayani ini tercatat sebagai mahasiswi yang aktif dalam berbagai kegiatan intra dan ekstra kampus. Untuk intra kampus, ia aktif di himpunan mahasiswa program studi (HMPS). Sementara itu, untuk ekstra kampus ia aktif di PMII IAIN Jember dan Intelectual movement comumnity (IMC) binaan Nur Solikhin. Di IMC ini lah kemampuan menulisnya digembleng hingga ia berhasil memenangi berbagai perlombaan menulis ilmiah.

Prestasinya itu antara lain, juara 1 Perempuan Menulis; juara 1 LKTI Hari Santri; Finalis 10 besar LKTIN di Universitas Muhammadiyah Malang; finalis LTKIN Law Fair IV di Unmuh Jember. Selain itu, risetnya sering diikutkan dalam berbagai call for paper. Hanya saja, di tengah kesibukanya itu, Mahasiswi kelahiran Lumajang, 07 Januari 1988 silam ini masih bisa membagi waktu. Hasilnya, IPK-nya tertinggi se-IAIN Jember dan lulus tepat waktu.

Rifka memperoleh IPK 3,98. Nilai setiap matakuliah selalu A dan hanya mendapatkan nilai B sekali pada mata kuliah evaluasi pembelajaran. Untuk skripsinya, ia juga mendapatkan nilai A dengan skor 93 dari skala 100. Dengan begitu, ia dinobatkan sebagai wisudawan terbaik pada wisuda yang diselenggarakan pada Kamis, 3 Desember 2020 di Gedung GKT IAIN Jember. (Shidiq)

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube